Miris! Bukannya Dihormati Tengkorak Sakral di Tana Toraja Malah Diinjak-injak

by - 16.55


Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Filosofi sederhana itu semestinya mudah dipahami bagi traveler. Setiap daerah punya budaya dan adatnya masing-masing yang seyogyanya dihormati. Semua orang yang berkunjung ke suatu daerah harus mengikuti etika dan norma yang berlaku di sana.

Tampaknya, hal tersebut tidak berlaku bagi traveler yang satu ini. Dilansir dari akun Instagram @infotabedaeng, alih-alih menghormati budaya Toraja, ada dua traveler yang justru melakukan tindakan memalukan saat berkunjung ke sana. Dua wisatawan pria dan wanita berpose tidak sopan di makam Toraja. Sampai-sampai, mereka berpose seperti akan menginjak tengkoraknya. Wah miris banget sih!

Mungkin ingin tampak eksis, dua wisatawan ini bergaya dengan pose menginjak tulang belulang di Toraja

 
Dua wisatawan ini melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan etika dan norma yang berlaku di Toraja. Mereka berpose dengan tidak patut ketika berlibur ke sana. Di foto kedua tampak wisatawan cowok berpose seakan menginjak tengkorak sementara di foto ketiga si cewek berpose seolah sedang bermain gitar dangan tulang belulang. Tindakan tersebut tentu saja bikin miris karena tulang belulang itu adalah leluhur masyarakat Toraja yang tetap diagungkan meskipun telah meninggal dunia puluhan atau ratusan tahun yang lalu.

Bagi masyarakat Toraja sendiri, arwah leluhur termasuk peninggalannya berupa tulang belulang adalah sesuatu yang sakral dan dihormati

Sontak, postingan tersebut dibanjiri komentar oleh warganet yang mayoritas berisi bully dan hujatan atas aksi mereka di Toraja tersebut. Ada ratusan komentar yang bernada kasar yang ikut menyerang mereka. Hmm, sebaiknya tetap bijak ya guys!

You May Also Like

0 komentar