Ini Dia Adegan Ciuman Pertama Dalam Dunia Film!

by - 16.06


Bagi pecinta film tentu nggak aneh ya ketika nonton film di bioskop dan melihat adegan ciuman dalam suatu film?
Mungkin kalau untuk film-film keluaran indonesia masih terbilang cukup tabu kalau disisipi adegan ciuman.

Bicara soal adegan ciuman dalam sebuah film, aapakah kamu tau film apa yang menayangkan/merekam adegan ciuman pertama kali di dunia?
Pasti banyak yang belum tau kan?
Nah, berikut ini akan coba kita bahas sedikit ya tentang adegan ciuman pertama kali dalam sebuah film. Yuk, simak artikel berikut!

Adegan ciuman pertama kali muncul dalam sebuah film yang dibuat pada tahun 1896. Film tersebut berjudul THE KISS (dikenal juga dengan istilah The May Irwin Kiss, The Rice-Irwin Kiss dan The Widow Jones)
The Kiss adalah termasuk salah satu film komersil pertama di dunia yang ditampilkan ke masyarakat umum.

Film ini berdurasi sekitar 18-20 detik cukup pendek memang untuk ukuran suatu film, Karena di era tahun 1800-an mungkin sangat jarang ada film yang di tayangkan berdurasi seperti film sekarang yaa.
Film tersebut menggambarkan ciuman antara May Irwin dan John Rice dari adegan terakhir panggung musikal, The Widow Jones.



Film ini disutradarai oleh William Heise untuk Thomas Edison.
Pada saat itu Edison sedang bekerja di studio Black Maria di daerah West Orange, New Jersey  dan pada tahun 1999 film pendek tersebut dijadikan sebagai arsip film nasional Amerika Serikat.

Film ini memang berisi ciuman pertama dalam sebuah film, dengan sentuhan close-up dari sepasang pria wanita diikuti dengan kecupan kecil pada bibir.
tapi faktanya adegan ciuman dalam film itu dikecam sebagai adegan cabul bagi penonton bioskop pada masa itu dan menyebabkan Gereja Katolik roma menyerukan penyensoran dan reformasi moral, karena berciuman di depan umum pada saat itu dapat menyebabkan penuntutan oleh pihak-pihak tertentu.

Film ini menyebabkan kegemparan di masyarakat bahkan beberapa surat kabar yang memajang potongan adegan tersebut di headlinenya menjadi sasaran kemarahan warga dan akhirnya meminta tindakan polisi untuk memberikan keamanan.

Beberapa tahun kemudian adegan dalam film THE KISS akhirnya diikuti oleh banyak "peniru", termasuk di film The Kiss in the Tunnel (1899) dan The Kiss (1900).

You May Also Like

0 komentar