Melihat Hyperloop, Kereta Api Cepat Masa Depan

by - 17.06


Mobilitas manusia yang makin gila-gilaan memang selalu bikin permasalahan transportasi makin pelik aja. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa pada 2013, seorang miliader jenius Elon Musk merancang sebuah moda transportasi unggulan berbentuk kapsul yang super canggih dan super cepat. Nggak disangka, Elon Musk juga mempublikasikan rancangannya ini agar dapat dikembangkan bareng start up-start up dunia.

Nah, Indonesia sebenarnya salah satu negara yang jadi tujuan dibangunnya Hyperloop lho. Dengan kecepatan 1,200 km/jam dan hampir setara kecepatan suara, bukan mustahil kalau cuma butuh waktu 25 menit buat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Keren banget ‘kan? Salah satu langkah buat mewujudkan mimpi transportasi masa depan ini adalah dengan membangun prototipenya yang dimulai di Dubai. Ternyata nggak cuma canggih, tapi Elon juga memberikan sentuhan nyeni di dalam interior kendaraan ini. Yuk intip seperti apa sih hyperloop yang dibicarakan banyak orang itu.


Hyperloop memanfaatkan tenaga pendorong elektromagnetik yang akan dipasang di pipa lintasannya. Makanya bisa hampir menyamai kecepatan suara.
Kapsul ini bakal bergerak dengan kecepatan 1,200 km/jam. Perjalanan Dubai-Abu Dhabi yang biasanya 90 menit kini bisa ditempuh hanya dalam 12 menit aja.


Desain interior Hyperloop sungguh futuristik dengan kursi berlapis kulit dan lampu-lampu LED. Ada juga layar super besar sebagai pusat informasinya lho


Rencanannya dalam lima tahun ke depan sistem pengoperasian hyperloop sudah benar-benar bisa digunakan. Kita tunggu bareng-bareng deh, bakal sekeren apa sih hyperloopnya.



Indonesia merupakan salah satu wilayah di Asia Tenggara yang bakal kedapatan mencicipi kecanggihan Hyperloop. Maklum, masalah transportasi di Indonesia memang butuh perhatian khusus. Kalau hyperloop benar-benar berhasil di Dubai, bukan mustahil kalau moda transportasi ini akan diaplikasikan di Indonesia.


You May Also Like

0 komentar