Percaya atau tidak, minum sambil berdiri bisa berakibat fatal bagi kesehatan!

by - 14.49


Merasa enggak sih kalau kita tuh sering banget minum sambil berdiri? Minum sambil berdiri itu sudah jadi gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Habis lari langsung minum, ambil air dari dispenser juga langsung diteguk.

Padahal, kebiasaan minum sambil berdiri itu ternyata enggak baik untuk kesehatan, lho! Daripada Kawan Muda penasaran, yuk lihat bahaya apa saja yang ditimbulkan kalau kamu keseringan minum sambil berdiri.

1. Saraf tubuh menjadi tegang


Minum sambil berdiri bisa membuat saraf tubuh menjadi tegang. Saat kita berdiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga kesimbangan. Sebaliknya, kalau kita minum sambil duduk, sistem parasimpatetik akan aktif sehingga menenangkan pikiran dan meringankan proses pencernaan. 

2. Menaikkan asam lambung


Lambung adalah bagian tubuh yang paling menderita kalau kita keseringan minum sambil berdiri. Saat kamu minum sambil berdiri, tekanan air akan mengejutkan saluran (sphincter) yang menuju lambung sehingga menyebabkan naiknya asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Selain itu, minum sambil berdiri juga membuat dinding lambung terkiskis. Bayangkan, lambung itu bagian penting dalam pencernaan. Kalau misalnya jadi rusak begini, apa kabar dong pencernaan kita?

3. Merusak ginjal


Tak hanya lambung yang menderita, kondisi ginjal kamu juga terancam! Karena minum sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal jadi kurang optimal. Selain itu, kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang bisa menyebabkan gangguan saluran kemih. Efek jangka panjangnya nih, bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Aduh, seram banget, ya!

4. Berisiko terkena artritis


Artritis, apaan tuh? Jadi, arthritis itu adalah peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai rasa sakit, bengkak, kaku, dan membuat bagian tubuh tertentu jadi susah bergerak. Waduh, seram juga ya kalau begitu!

Yap! Mungkin sebagian dari kamu terkejut atau enggak menyangka, tapi ini beneran, lho! Saat kamu minum sambil berdiri, keseimbangan cairan dalam tubuh akan tergangu. Nah, hal ini mengakibatkan penumpukan cairan di persendian tubuh yang bisa membuat kamu menderita arthritis.


You May Also Like

0 komentar