6 Tradisi Bulan Ramadan Hingga Lebaran yang Rasanya Hanya Bisa Kamu Temui di Indonesia

by - 15.16


Rasanya ada banyak alasan yang membuat Ramadan menjadi bulan nan spesial bagi umat Islam. Selain menutup pintu dosa dan kembali fitrah/suci, salah satunya mungkin ada karena banyaknya kebiasaan atau tradisi di Indonesia yang hanya bisa dinikmati selama bulan Ramadan saja. Ya, hal-hal yang dalam praktiknya selama bulan puasa tersebut hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Kira-kira apa saja sih kebiasaan atau tradisi asli Indonesia yang biasanya dirasakan selama bulan puasa?

1. Kebiasaan mudik jelang lebaran seperti jadi hal yang begitu wajib dilakukan.


Jelang lebaran kantor-kantor biasanya memberi kesempatan pada para karyawannya dengan memberikan libur tambahan. Kalaupun tidak, biasanya para karyawan kan mengambil cuti berdekatan dengan hari ini. Mereka yang berdagang akan menutup toko mereka dan buka kembali beberapa hari setelah lebaran, libur pelajar dan mahasiswa pun biasanya bertepatan dengan momen ini, sehingga tiap tiap individu punya banyak waktu lebih bersama keluarga, setelah terpisah satu tahun lamanya.

2. Bangunin sahur keliling sampai sahur on the road juga jadi salah satu tradisi yang suka dilakukan muda-mudi.


Saat sahur, telingamu mungkin begitu akrab untuk mendengar suara-suara yang ramai membangunkan kamu untuk segera sahur. Entah dengan alunan gendang, kentongan, atau bahkan panji/penggorengan bekas serta suara teriakan anak-anak kecil saja. 

Kemudian juga ada sahur on the road alias kebiasaan sahur berkeliling di jalan sembari membagikan makanan pada mereka yang membutuhkan. Dimana kegiatan satu ini biasanya dilakukan oleh sekelompok muda-mudi yang sekalian jadi ajang reunian. Dan, ya, kegiatan sahur ala-ala tersebut rasanya memang jadi favoritnya anak-anak muda.

3. Walau gak wajib banget tetapi lebaran identik dengan baju baru yang dipakai saat lebaran hari raya.


Membeli pakaian baru untuk menyambut hari raya Idul Fitri bukan lagi hal yang asing di benak kita. Berbagai alasan akan dilontarkan ketika muncul pertanyaan tentang seberapa perlunya baju baru disaat lebaran. Kebanyakan orang mengatakan bahwa membeli baju baru kala menyambut lebaran itu merupakan tradisi yang tidak boleh dilewatkan ketika memasuki hari raya Idul Fitri.

Seorang muslim dianjurkan mempersiapkan hari raya dengan pakaian yang terbaik saat mengunjungi keluarga dan kerabat. Budaya ini termasuk bentuk kegembiraan umat muslim usai menjalani ibadah puasa sebulan lamanya.

4. Ziarah kubur atau nyekar ke makam orang-orang tersayang jelang Ramadan dan Lebaran ikut meramaikan tradisi yang selalu dirasakan


Setiap bulan Suci Ramadhan datang, acap kita saksikan sejumlah orang memadati kuburan. Hingga memacetkan jalanan dan terhambatnya laju puluhan bahkan ratusan kendaraan.

Tujuannya untuk menghormati keluarga atau tokoh yang telah meninggal dunia, dan ada juga yang untuk meringankan siksa yang sedang diderita oleh ahli kubur

5. Jasa tukar uang baru di pinggir jalan ikutan jadi kebiasaan tahunan yang muncul dadakan


Bagi-bagi angpau dengan lembaran baru seperti sebuah keharusan. Dan adanya hal tersebut menjadikan sebuah kebiasaan tahunan yang selalu muncul dadakan, yakni adanya orang-orang yang menawarkan jasa untuk menukar uang baru di pinggir jalan. Kamu pasti pernah ‘kan melihat hal ini, atau bahkan kamu pernah menukarkan uangmu pada mereka? Ya, nggak salah sih, cuma mungkin kamu perlu lebih berhati-hati, takutnya uang yang mereka punya nggak asli. 

Selain itu ada baiknya kita menukar uang di bank saja karena tidak ada potongan yang harus di bayar, tidak seperti penukaran uang di jalan-jalan biasanya mereka mematok potongan 10% pada setiap penukaran uang.

6. Mungkin ini jadi kebiasaan yang begitu menyenangkan, di mana pusat Ibukota yang justru sepi di hari raya Idul Fitri


Jutaan orang yang biasa berlalu lintas di Jalanan Jakarta telah meninggalkan ibukota untuk berlebaran di kampung halaman. Sehingga jalanan Jakarta pun lengang di hari lebaran.

Momen ini dijadikan oleh beberapa orang untuk memacu kendaraanya dengan kecepatan tinggi, Namun tetap berhati-hati ya.

You May Also Like

0 komentar