Ngeri, Garuda dan Sriwijaya Nyaris Tabrakan di Bandara Soekarno-Hatta. Begini Kronologis Kejadiannya!

by - 10.33


Lagi-lagi dunia penerbangan Indonesia dibuat heboh, hal ini dikarenakan pesawat Garuda Indonesia dan pesawat Sriwijaya Air hampir saja bertabrakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pada minggu malam (18/06). Bagaimana sih kronologis kejadiannya? mari kita ulas bersama-sama.

Awalnya pesawat Garuda dari Denpasar tersebut bersiap untuk mendarat. Namun ketika hendak landing tiba-tiba pesawat naik ke atas dengan cepat hingga membuat pesawat bergetar


Dikutip dari Kompas, Pesawat Garuda Indonesia awalnya tak mengalami gangguan saat penerbangan tetapi masalah datang ketika pesawat bersiap untuk landing/mendarat di bandara Soekarno Hatta. Saat itu roda pesawat sudah keluar dan hampir menyentuk landasan di bandara namun secara tiba-tiba pesawat menukik ke atas dengan cepat sehingga badan pesawat pun terasa bergetar. Tentu saja hal ini membuat para penumpak merasa panik dan ketakutan, mereka penasaran apa yang sebenarnya telah terjadi. Dalam penerbangan istilah batal mendarat ini disebut go around.

Ternyata di landasan pacu masih ada pesawat Sriwijaya jurusan Jakarta-Makassar yang bersiap lepas landas. Wajar apabila pilot Garuda melakukan go around untuk menghindari tabrakan dengan pesawat Sriwijaya.


Meskipun pesawat berhasil mendarat dengan sempurna tetapi banyak dari penumpang mempertanyakan karena hal tersebut tentunya membuat banyak penumpak baik lokal maupun warga asing menjadi panik. 

Ternyata saat pesawat garuda ingin landing di landasan terdapat pesawat sriwijaya air, untuk itu lah pilot berinisiatif untuk melakukan go around dan berputar-putar di langit Kepulauan Seribu. tentu saja hal ini sangat disayangkan, kok bisa sih petugas ATC tidak tanggap, bahaya banget kan.

Ketika pesawat Garuda melakukan go around dan berputar-putar di langit Kepulauan Seribu, pilot menginformasikan bahwa pesawat batal mendarat karena ada pesawat lain yang berada di landasan. Hal ini tentu membuat para penumpang bingung, kok bisa ada pesawat lain di landasan pacu ketika Garuda akan mendarat. Bahaya banget ‘kan? kok bisa ya ada dua pesawat dengan satu waktu yang sama, aneh banget.

Ternyata Sriwijaya Air jurusan Jakarta-Makassar memang akan lepas landas namun ada sedikit masalah yang terjadi. Jadi pesawat itu tertahan di landasan pacu dan belum bisa terbang.


Saat itu Pesawat Sriwijaya Air SJ580 Jakarta-Makassar ternyata sedang mengalami sedikit masalah. Pilot perlu melakukan perbaikan terlebih dahulu karena munculnya indicator warning light yang menyebabkan pesawat gagal terbang, sebab itu lah kenapa pesawat telat untuk lepas landas, namun akhirnya setelah tertahan dilandasan pacu dan nyaris tertabak Garuda. Setelah Sriwijaya di pastikan dapat lepas landas pesawat garudah pun akhirnya dapat mendarat dengan selamat dan sempurna dilandasan bandara Soekarno-hatta tersebut.

Semoga kejadian ini nggak terulang lagi ya. Meskipun tidak ada korban tetapi kan serem juga kalau ngalamin sendiri, pesawat udah turun eh naek lagi ke atas dengan tiba-tiba. Kamu yang mau mudik menggunakan pesawat banyak-banyak berdoa deh ya.

You May Also Like

0 komentar