Isyarat Tangan yang Jangan Dilakukan Saat di Luar Negeri

by - 16.32


Salam 1 jari dan salam 2 jari tentu sering kita dengar saat menjelang pemilihan Presiden tempo hari. Teman, politisi, publik figure, atau bahkan Anda sendiri pernah berpose sambil memperlihatkan gestur salam tersebut. Eits ! Tunggu dulu, Anda jangan melakukannya di sembarang tempat, apalagi di negara – negara yang punya kultur berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak isyarat tangan yang jangan dilakukan saat di luar negeri!

Peace sign

Jika suatu saat Anda sedang berada di bar wilayah Inggris, dan ingin memesan dua gelas minuman, pastikan ketika mengacungkan jari telunjuk dan jari tengah (bentuk V), telapak tangan Anda menghadap keluar. Kalau sampai terbalik, artinya sama saja Anda sedang mengacungkan jari tengah.

Lingkaran jari telunjuk dan jempol


Sebagian dari Anda mungkin tahu bahwa ujung jari telunjuk dan jempol yang disatukan membentuk lingkaran menandakan “oke” atau setuju. Tapi hal tersebut tidak berlaku di Prancis, isyarat itu artinya “nol” atau “tidak berharga”. Sedangkan di Venezuela, Turki, dan Brazil, hal tersebut merupakan isyarat vulgar yang akan menyinggung hampir setiap orang.

Menggerakkan – gerakkan jari telunjuk

Bila Anda tidak ingin ditampar orang Filipina, maka jangan pernah memanggil seseorang dengan menggerak – gerakkan jari telunjuk Anda. Karena bagi orang Filipina, isyarat tersebut dipergunakan untuk memanggil anjing dan dianggap sangat tidak sopan.

Isyarat lima jari

Gestur ini biasa diartikan sebagai perintah untuk berhenti, namun, mengangkat telapak tangan dengan lima jari terbuka artinya penghinaan bagi orang Yunani. Sejarahnya, dulu pada era Bizantium, ketika para penjahat diarak melewati jalan – jalan, saat itu pula penonton diperbolehkan mengoleskan arang atau kotoran di wajah mereka menggunakan telapak tangan. Wah wah gawat juga ya.

Isyarat jari “metal”

Anda tahu bentuk dari isyarat ini bukan ? Tangan mengepal, dengan jari telunjuk dan jari kelingkingnya mencuat ke atas. Hindari isyarat tersebut saat berada di Italia, Spanyol, Portugal, Brazil dan Kolombia. Alasannya, gestur demikian seperti sedang memberitahu bahwa istri seseorang berselingkuh, ups !





You May Also Like

0 komentar